Menambahkan ‘Resposive
Table’ ke Blogger post, seperti yang kamu ketahui bahwa Google Blogger
(Blogspot) adalah plateform bloging gratis untuk semua orang, setiap orang
dapat membuat akun blogger secara gratis dan membagikan pengetahuannya
keseluruh dunia. Sekarang ini Blogger menjadi sangat popular karena interface
nya yang user-friendly dan mudah untuk digunakan. Jika kamu baru dalam hal
blogging, maka kamu harus mencoba plateform ini, dimana kamu bisa membagikan
pengetahuanmu pada orang lain diseluruh dunia dan bahkan kamu bisa mendapat
penghasilan dari plateform ini bila di monetize.
Saat
kamu menulis sebuah artikel di Blogger dan ingin menambahkan table, maka kamu
akan kesulitan karena tidak ada ‘tools’ bawaan dari plateform ini untuk
membuatnya. Membuat table di Blogger terkadang memerlukan sedikit keahlian membuat
kode HTML dan juga CSS. Terkadang kamu ingin kontenmu ter organisir sistematis
dalam bentuk table, tersusun rapi dalam baris dan kolom. Sayangnya, Blogger
tidak menyediakan ‘tool’ atau opsi untuk membuat table untuk postinganmu,
hingga akhir-akhir ini (setelah Blogger melakukan update pada user interface
nya). Tetapi, Microsoft Word telah membuat nya jadi lebih fleksibel, sehingga
membuat table tidak akan lagi membuatmu terlalu stress, terutama untuk pengguna
plateform Blogger.
Dengan menggunakan beberapa koding HTML kamu bisa
mebuat table dan mengkategorikan kontenmu, tapi jika kamu tidak punya
pengetahuan tentang koding, bagaimana bisa kamu menambahkan table yang bagus
dan colorful pada Blogger post?
Jika kamu adalah seorang
pemula dan tidak tahu tentang koding HTML, maka kamu berada di tempat yang
tepat, disini kamu akan belajar mengenai cara menambahkan ‘Responsive table’
pada Blogger post mu tanpa koding apapun, ini adalah cara termudah menambahakan
‘Responsive dan Attractive Table’ pada Blogger post. Kamu hanya perlu
pengetahuan dasar penggunaan computer dan kamu akan bisa melakukannya dengan
sangat mudah. Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Pada artikel ini, saya akan
memberikan dua metode bagaimana membuat table pada Blogger post menggunakan
Microsoft Word.
Metode pertama: Membuat ‘HTML code’ menggunakan Microsoft
Word
Langkah
pertma: Membuat Tabel di Microsoft Word
Setelah membuka Ms. Word,
selanjutnya kamu dapat membuat table. Klik tab Insert >> Table>> sekarang melalui table grid kamu
dapat memilih jumlah baris dan kolom untuk table yang akan kamu buat. Sebagai contoh
jika membuat table 3x3 maka kamu harus memilih 3 rows dan 3 columms seperti
yang dapat kamu lihat di screenshot.
Setelah table siap, kamu
mungkin mau membuatnya sedikit keren dan colorful. Klik tab Design dan dari sana kamu dapat apply
pre-designed style atau membuat design baru sendiri. Ini memberimu banyak opsi
untuk mengkostumisasi sehingga kamu bisa membuat sebuah master piece. Kamu buat
saja seperti biasanya saat menggunakan Ms. Word.
Langkah kedua: Menambahkan
Microsoft Word Table ke Blogger post
Setelah kamu sukses membuat
table pada Ms. Word, sekarang saat nya mendapatkan ‘HTML code’ yang kan kamu
masukkan pada postinganmu.
Pertama kamu perlu
menyimpan dokumenmu dalam format .html extension, maka pergi kemenu File>>Save ass kemudian dari menu
drop down list (Save as type) pilih
‘Web Page, Filtered’ lalu klik
tombol save. (disarankan simpan
dokumenmu pada desktop atau directory yang dapat kamu akses dengan mudah dan
cepat).
Sekarang kamu telah meng
convert table mu jadi HTML web page, sekarang pergi ke tempat kamu menyimpan
dokumen HTML tersebut, lalu klik kanan pada dokumen tersebut, klik ‘Opern with>>Notepad’.
Copy semua ‘HTML coding’ dalam Notepad tersebut.
sekarang pergi ke akun Blogger.com
mu>>Add New Post>> Edit HTML, lalu paste koding HTML tadi pada
Blogger post editor. Bila telah selesai tercopy-paste, kamu publish untuk
melihat hasilnya.
Selamat, kamu sudah sukses
menambahkan table ke Blogging post mu. (Hasilnya akan sama seperti jika menggunakan metode kedua).
Metode kedua: Membuat Table menggunakan Microsoft Word
Langkah pertma: Membuat Tabel di Microsoft Word
Terlebih dulu, kamu harus
punya software Microsoft Word. Buka software tersebut pada komputermu. Pada Ms.
Word, buatlah table sesuai kebutuhanmu dan isi dengan konten milik mu pada
table tersebut. Kamu dapat mengubah tampilan (design table mu seperti pada
metode pertama diatas)
Langkah kedua: Copy Table
Sekarang kamu harus copy
table yang sudah dibuat tersebut. pertama tekan Ctrl+A untuk selecting table mu
lalu Ctrl+C atau klik kanan dengan mouse dan select opsi copy.
Langkah ketiga: Paste pada
‘Compose Post’ Blogger
Buka akun blogger mu, pergi
ke area dashboard dan buat postingan baru (create
new post) kamu pada lembar compose, tekan Ctrl+V atau klik kanan dengan
mouse dan select paste untuk memasukkan table mu ke lembar compose tersebut.
Selesai, sekarang kamu sudah berhasil menambahkan table ke postingan Blogger
mu, kamu bahkan dapat menambahkan Link pada konten table yang kamu paste tadi. Lebih jelasnya lihat video dibawah ya.
Referensi:
How to Easily Create Tables in Blogger Using Mocrosoft Word. [Accessed at July 27, 2020]. Accessed from: https://www.mybloggerlab.com/2013/06/how-to-easily- create-tables-in-blogger.html
Era N (Editor). How to Add Table in Blogger Post? Easiest Way to Add Responsive Table to Blogger Post 2020. [Accessed at July 27, 2020]. Accessed from: https://www.naviera101.com/2019/10/how-to-add-table-in-blogger-post.html
![Make short links and earn the biggest money](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj27SomHuE7BM49MLLPL37WL3J7ch4yT4Gh4k6cbU9HCJea9oM9c5oNESv-prRmnh6_ZOBhhv1ODfYbjHuvF0M9Oz8zb_FzobgxmoxchEQoZcJvXOWwpGEOSMfzlC9d-yhnlQdPhtfADQ/s1600/banner+720x90+3.jpg)